Banner 1

Friday 23 February 2018

120 Komunitas Benahi Telaga Saat


CISARUA–RADAR BOGOR, Seribu lebih relawan yang tegabung dari ratusan komunitas akan terjun untuk membenahi Telaga Saat dalam kegiatan bertajuk ‘Raksa Saasaka Puseur Cihaliwung, Ngalokat Sirah Cai Ciliwung’ di Kampung Cikone, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Sabtu dan Minggu (24-25/2) mendatang.

Koordinator Komunitas Ngalokat Sirah Cai Gatut Susanta mengatakan, peserta bertambah sejak dibukanya pendaftaran. Awalnya hanya 33 komunitas. Kemudian berkembang menjadi 88 komunitas dan terakhir mencapai 120 komunitas.

”Ada Brimob, Armed, Kopassus, Korem dan AU tambahan dari unsur TNI-Polri,” kata Gatut kepada Radar Bogor di aula Korem Surya Kancana (SK)/061, kemarin (21/2).

Gatut menjelaskan, pembahasan tahapan dan target harapan sudah dirampungkan sejak pekan lalu. Komunitas akan bergerak Jumat (23/2). Ada sejumlah aturan yang wajib ditaati peserta.

Mulai dari tidak memotong pohon, tidak menggunakan partai politik calon kepala daerah, dan membawa alat perkakas tajam dengan hati-hati. ”Nanti ada ngaloka cai dari penampilan kebudayaan setempat,” katanya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Ngalokat Sirah Cai Danrem Surya Kencana Kolonel Inf Muhammad Hassan me­nambahkan, budaya ekologi adalah bagian dari pertahanan negara. Saat ini kondisi Telaga Saat sangat memprihatinkan.

”Program pemberdayaan geografi tugas utama pem­berdayaan potensi wilayah. Salah satunya adalah lingkungan. Kami juga akan membentuk timsus agar ditindaklanjuti oleh kementerian,” ucapnya menambahkan.(don/dka/c)

sumber :Radar Bogor

0 komentar:

Post a Comment