Banner 1

Monday 30 July 2018

Faktor Cuaca, Proyek Jalan Lingkar Dramaga Terancam Molor


DRAMAGA–RADAR BOGOR, Pembangunan Jalan Lingkar Dramaga (JLD) terus digeber. Akses jalan yang diharapkan masyarakat untuk mengurai kemacetan tersebut ditargetkan rampung tahun ini.

Camat Dramaga Adi Heryana menjelaskan, progres jalan tersebut terus mengalami peningkatan. Bahkan, warga sudah banyak yang me­manfaatkan fungsional jalan tersebut untuk jalan pintas. Pasalnya, jika melewati jalan utama, mereka harus berputar cukup jauh.

“Jalannya memang belum jadi, tapi kadang warga sudah melintas,” ucapnya saat meninjau proyek tersebut.

Program yang digagas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor tersebut nantinya terbagi dalam tiga seksi. Untuk seksi satu, pembangunan dimulai dari Sta 0+960 sampai 2 + 100, seksi dua dimulai dari Sta 2+100 hingga 3 + 270. Sementara seksi ketiga khusus menangani jembatan di Sta 0 + 900.

“Di tiga seksi ini masing-masing ada tiga kontraktor. Dua kontraktor sudah menyerahkan surat pemberitahuan mulai kerja. Tinggal satu lagi dari PT Jayabaya yang belum melaporkan,” jelasnya.

Adi menjelaskan, jalur JLD akan dibangun di sepanjang 3,7 kilometer terintegrasi dengan jalan yang dibangun oleh pihak swasta, mulai dari Laladon, Dramaga hingga titik Hotel Duta Berlian.

“Proyek ditargetkan selesai selama 120 hari kerja. Untuk seksi satu dimulai dari 12 April 2018. Seksi II dari 21 Mei 2018. Kami masih menunggu satu lagi SPMK yang belum diterima kecamatan yaitu dari PT Jayabaya. Belum tahu apa alasan SPMK belum diserahkan,” sam­bungnya.

Jika sesuai perencanaan, maka di akhir 2018 JLD sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

Saat disinggung soal hambatan, Adi memastikan tidak ada kendala yang terlalu serius.

Hanya soal faktor cuaca saat musim hujan. Beberapa kali pengerjaan sempat dihentikan karena faktor tanah yang selalu basah terkena hujan.

“Mudah-mudahan September atau Oktober ini bisa segera difungsikan,” harapnya.

Sementara itu, Komisi III DPRD Kabu­paten Bogor, Yusep menga­­takan, JLD merupakan kebutuhan bersama yang harus diselesaikan tahun 2018. Mengingat, kata dia, jalan arah Dramaga menuju Bogor Barat saat ini selalu macet.
“Kami harap segera selesai,” tukasnya.(cr3/c)

Sumber: Radar Bogor

0 komentar:

Post a Comment