Banner 1

Thursday 27 October 2016

Harga Sayuran di Cianjur Merosot, Ini Penyebabnya

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Hujan yang terus mengguyur wilayah cianjur, mengakibatkan merosotnya harga sayuran di sejumlah pasar tradisional. Penurunan terjadi pada komoditas harga cabe merah tanjung yang menemebus Rp80 ribu per kilogram, padahal sebelumnya harga si merah ini berkisar antara Rp68 ribu per kilogram.

Wida (40) pedagang sayur di Pasar Ramayana Cianjur mengakui, harga sayuran terutama pada harga cabe mengalami penurunan. Salah satunya penyebabnya cuaca yang tak menentu pada akhir-akhir ini.

Selain cabe merah tanjung, penurunan harga juga terjadi pada cabe merah kriting, dimana sebelumnya hanya Rp60 ribu per kilogram kini jadi Rp45 ribu per kilogramnya.
“Merosotnya harga cabe tersebut terjadi secara bertahap, dimungkinkan karena musim cuaca yang terus menerus hujan. Selain konsumen yang berkurang karena faktor hujan, ya mungkin harga jual dari petaninya juga menurun,” imbuhnya.
Ia memaparkan, selain harga cabe, turunya harga pun terjadi pada harga bawang putih dan bawang daun, meski turnya harga tak seberapa antara Rp1.500 hingga Rp2.000 per kilogram. Begitupun pada harga sayuran lainnya, seperti pada harga tomat, kol, wortel dan lainnya.

Sumber:pojok jabar

Uploader: M Ikhsan Ramdani

0 komentar:

Post a Comment