Banner 1

Thursday 18 August 2016

Monumen di Gerbang Bakosurtanal Kabupaten Bogor Bangkitkan Jiwa Perjuangan

BOGOR – Kecamatan Cibinong, memiliki sejarah perjuangan dalam kemerdekaan Indonesia. Diantaranya, tertuang dalam monumen perjuangan di Gerbang Bakosurtanal yang diresmikan Bupati Bogor Nurhayanti, Senin (15/08/2016).
Monumen yang sebelumnya bernama Got Tjiluar dalam perang bivak Cibinong, kini telah berubah nama. Nurhayanti mengatakan, pemugaran dapat membangkitkan jiwa perjuangan. Tak hanya itu, kewajiban bersama untuk merawat monumen dengan baik.

Selain itu, kemerdekaan yang diraih merupakan buah perjuangan para pahlawan, termasuk yang berada di Cibinong dan sekitarnya.
Untuk itu, Nurhayanti mengajak semua pihak untuk merapatkan barisan membangun Kabupaten Bogor dengan meneladani perjuangan para pahlawan yang telah gugur untuk mewujudkan visi Kabupaten Bogor menjadi termaju di Indonesia.
 
Salah satu anak Mayor Syamsudin Nur, TB Luthfie Syam menjelaskan, pembangunan monument tersebut berawal dari adanya pertempuran yang melawan sekutu yang hendak ke menuju kota kembang.
“Saat itu dibangun pada saat Sudrajat Nata Atmadja, terlihat dari tugunya, tetapi lama terbengkalai,” ujar dia.
Sebab, secara letak monumennya tidak terlihat. Melihat kondisi itu, kata dia, akhirnya dari keluarga yang merupakan para pelaku peristiwa perjuangan tergerak hatinya untuk melakukan pemugaran.(ent)

0 komentar:

Post a Comment