Banner 1

Thursday 11 August 2016

MIRIS! Balita Gizi Buruk di Kabupaten Bogor Dicueki Desa

BOGOR – Nasib malang harus dialami Muhamad Rifaldi (1,5). Di usia belia menderita kekurangan gizi.  Ia juga berasal dari keluarga kurang mampu.
Bungsu dari dua bersaudara ini, adalah anak Ahdi (46)  dan Ismaia (32). Mereka tinggal di Kampung Cilangkap RT 01/02, Desa Lumpang, Kecamatan Parungpanjang.

Rifaldi tak bisa dibawa berobat ke puskesmas lantaran keanggotaan peserta BPJS Kesehatan telah mati. Sudah satu tahun sang ayah yang berprofesi sebagai kuli angkut batu ini, tak mampu membayar premi bulanan.Hal ini membuat Relawan Kesehatan Parungpanjang merujuk Rifaldi ke RS Dompet Dhuafa Kemang.
“Kami bantu karena dari pemerintah desa maupun bidan setempat tak ada perhatiannya,” ujar Kordinator Relawan Kesehatan Parungpanjang, Desi Suprihatini, Selasa (09/08/2016).

Uun, sapaan karibnya, menyayangkan sikap Pemdes Lumpang yang seolah tutup mata. Padahal, kepesertaan BPJS keluarga Ahdi bisa dialihkan dari mandiri ke penerima subsidi.
Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Parungpanjang,  dr. Susi mengklaim, pihaknya sudah menangani kasus tersebut. Sebab, sudah melakukan pemeriksaan dan pemberian susu kepada Rifaldi.
“Pasien itu bukan gizi buruk, tapi hanya gizi yang kurang. Selama ini kami sudah tangani sampai pemberian susu setiap bulannya,” singkatnya.(ent)

0 komentar:

Post a Comment