Banner 1

Wednesday 10 August 2016

Kasihan, Tiga Kelas Sekolah di Kabupaten Bogor Ini Terancam Ambruk

BOGOR – Kondisi bangunan SDN Lebakwangi, Kecamatan Parung memprihatinkan. Seperti terlihat, kemarin, tiga ruang kelas diperkirakan bakal ambruk.
Plafon yang menahan atap bangunan turun beberapa sentimeter. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) kurang kondusif. Selain itu, tembok bangunan kelas juga mulai goyah. Para siswa dan guru dilanda kekhawatiran.
Kepala SDN Lebakwangi, Mujiharti mengatakan, pihaknya sudah mengajukan proposal  kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor untuk rehabilisi bangunan kelas. Namun, sampai sekarang belum terealisasi.
“Kalau saya ingin secepatnya. Kalau jadi, rencananya akan ditingkatkan menjadi dua lantai. Sebab, ini sekolah tertua di Kecamatan Parung,” ujarnya, Senin (08/08/2016).

Ia juga mengaku, total bangunan yang ada di SDN Lebakwangi berjumlah enam unit.  Namun, beberapa diantaranya tak memiliki penyangga bangunan.
“Saya khawatir sewaktu-waktu bisa ambruk. Makanya pengajuan proposal rehabilitasi bangunan mudah-mudahan bisa dikabulkan,” tukasnya.
Terpisah, Humas Disdik Kabupaten Bogor, Rony Kusmaya menerangkan, banyak cara dilakukan untuk memperbaiki bangunan sekolah. Salah satunya dari dana bantuan operasional sekolah (BOS). Yakni jika tingkat kerusakan sekolah dalam skala kecil.
Namun, bisa juga menggunakan dana alokasi khusus (DAK) untuk kondisi mendesak. Seperti bangunan roboh dengan tiba-tiba. Sedangkan anggaran rehabilitasi tak ada.
“Kami pun perlu menyortir mana yang perlu disegerakan pakai APBD, dan mana yang hanya bisa lewat BOS. Pengajuan renovasi sekolah juga harus melalui pertimbangan dari musyawarah rencana pembangunan (musrembang) di tingkat kecamatan,” bebernya.(ent)

0 komentar:

Post a Comment