Banner 1

Wednesday 25 May 2016

Warga Bogor Puasa, Tetap Bisa Donor Darah Lho…



BOGOR – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bogor, cenderung aman sebelum Ramadan. Saat ini, ada sekitar 762 kantong darah dari berbagai golongan yang bisa digunakan untuk kebutuhan selama bulan puasa nanti.

Sementara itu, ada 228 kantong darah yang masih dalam tahap karantina. Dokter Fungsional Bank Darah PMI, Wisnu Hendratmoyo mengatakan, kelangkaan justru rawan terjadi menjelang lebaran nanti bahkan bisa jadi stok darah kosong.

Mengingat, banyak pendonor memilih menunda mendonorkan darahnya lantaran kesibukan liburan maupun mudik.

“Selama puasa nanti, umat muslim sedianya tetap bisa mendonorkan darahnya. Waktu yang tepat adalah setelah buka puasa dan di pagi hari, maksimal hingga pukul 10.00 saja,” bebernya.

Ia mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir akan kekurangan darah selama puasa. Seperti sudah menjadi tradisi, kata dia, jemaat tempat-tempat ibadah agama lain rutin mendonorkan di bulan puasa, semisal gereja hingga vihara.

“Makanya kami tetap jemput bola di bulan puasa nanti, Sabtu-Minggu pasti ada aksi donor darah. Rata-rata satu tempat bisa memperoleh antara 40-50 kantong darah,” cetusnya.

Dikatakannya, aksi donor darah atau jemput bola sedianya masih berlansung hingga 3 Juli mendatang. Masih mencukupinya stok darah di Bank Darah PMI, diyakini Wisnu karena tidak adanya wabah yang berarti di awal tahun ini.

“Kalau pun ada semisal demam berdarah tapi tidak terlalu berpengaruh untuk stok Bank Darah PMI,” ungkapnya.
(ent)

0 komentar:

Post a Comment