Banner 1

Thursday 26 May 2016

Mengenal H.R Rasuna Said


BOGOR – Anda tahu jalan Rasuna Said di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan? Tapi tahukah Anda siapa Rasuna Said? Apa kontribusinya bagi Indonesia?

Rasuna Said memiliki nama lengkap H. Rangkayo Rasuna Said yang terlahir sebagai perempuan 15 September 1910 di Desa Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Rasuna Said salah satu pahlawan perempuan nasional, dan berperan aktif dalam perjuangan melawan penjajah.

Seperti dikutip dari wikipedia, Rasuna Said  ikut berperan seperti halnya RA Kartini dalam memperjuangkan persamaan hak antar laki-laki dan perempuan. Rasuna Said merupakan putri keturunan bangsawan Minang.
Ayahnya yang bernama Muhamad Said merupakan saudagar Minangkabau yang juga aktivis pergerakan.

Awal perjuangan Rasuna Said berawal saat itu mengenyam pendidikan di Diniyah Putri Padang Panjang. Saat itu, ia bertemu dengan Rahmah El Yunusiyyah, tokoh gerakan Thawalid (gerakan yang dibangun kaum reformis Islam di Sumatera Barat).

Sedangkan, perjuangan Rasuna Said di bidang politik dimulai pada 1930. Saat itu, Rasuna Said yang merupakan pengajar Diniyah Putri ingin memasukkan pendidikan politik dalam kurikulum sekolah. Namun, keinginannya itu ditolak.

Rasuna Said pun memilih keluar sebagai guru dan mendalami pendidikan agama kepada  Dr H Abdul Karim Amrullah. Dari situlah Rasuna Said kemudian aktif di Sarekat Rakyat (SR) sebagai Sekretaris cabang.
(ent)

0 komentar:

Post a Comment