Banner 1

Sunday 27 March 2016

Mei, Pedestrian Sistem Satu Arah Dibangun


BOGOR-Jalur pejalan kaki (pedes­trian) sepanjang sistem satu arah (SSA) sep­u­tar Kebun Raya Bogor, baru akan diba­ngun Mei mendatang. Jalur berbiaya Rp33 miliar ini bersumber dari Angga­ran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2016.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bogor, Sudraji mengatakan, jalur pedestrian SSA memiliki lebar antara tiga hingga lima meter, tergantung pada jalan. Jalur tersebut akan dibangun mengelilingi Kebun Raya Bogor (KRB) dan juga Istana Bogor. "Lelang dilaksana­kan April," ucapnya.

Untuk tiga jembatan yang termasuk jalur SSA, akan memakai konsep pedestrian gantung seperti yang sudah diterapkan di Bandung. Pedestrian tersebut akan dibangun di Jembatan Sempur dan dua jembatan di Jalan Otista. "Untuk jalur sepeda berada di samping jalur pedestrian. Lebar jalur sepeda sekitar satu hingga 1,5 meter," jelasnya.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya meminta dukungan seluruh Muspika Bogor Tengah hingga pengurus RT/RW untuk membantu menyosialisasikan SSA Jalan Juanda 1 April mendatang.

"Apa pun yang direncanakan Pemkot Bogor, tanpa dukungan semua pihak yang ada di wilayah Bogor Tengah ini, maka tidak akan berjalan. Apalagi, fokus program SSA ini juga berada di Bogor Tengah," ungkap Bima saat sosialisasi SSA dan penyaluran BOP untuk Kecamatan Bogor Tengah di Taman Ekspresi, Jumat (25/3) pagi.

Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, penerapan SSA ini adalah upaya pemkot dalam membenahi transportasi di Kota Bogor. Jika uji coba berjalan baik, Pemkot akan kembali membangun jalur pedestrian yang lebih panjang, lebar, dan lebih nyaman untuk pejalan kaki. "Selain itu, tentunya SSA juga akan mempercepat waktu tempuh," imbuhnya.(ral)

0 komentar:

Post a Comment