Banner 1

Tuesday 13 June 2017

Riwayatmu Kini Belimbing Dewa Depok yang Mendunia


DEPOKDi saat pengembang perumahan berlomba-lomba membangun bisnis properti di Kota Depok, eksistensi belimbing sebagai ikon Depok mulai beralih menjadi bangunan.

Di Kota Depok sendiri, jenis belimbing yang pelihara adalah belimbing dewa-dewi. Keistimewaan buah belimbing ini rasanya lebih manis dan banyak mengandung air.


Belimbing dewa-dewi merupakan produk andalan petani di Kecamatan Cimanggis. Wilayah Timur Kota Depok ini memang dikenal sebagai penghasil utama buah belimbing unggulan.

Keberadaan belimbing yang masih banyak dijumpai ada di RT04/11 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Namun, di wilayah yanng terbilang masih banyak tersebut, beberapa petani sudah enggan melanjutkan usahanya.

Rizki Saputra, menjadi petani belimbing karena orangtuanya dan keluarga menurunkan kepada dirinya. Namun, setelah hasil yang didapat tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan, lantas ia membiarkan puluhan pohon belimbing yang berada di halamannya begitu saja. “Habis modalnya besar, tapi hasilnya tidak maksimal lagi,” ucap Rizki.

Ia pun enggan melanjutkan usaha tersebut, dan mencari sumber penghasilan baru untuk mencukupi keluarganya. “Belum tahu, nanti bagaimana keluarga saja kebunnya mau diapakan,” tandasnya.

Petani belimbing lainnya, Suganda (88), telah berkebun belimbing sejak 30 tahun lebih. Pria yang akrab disapa Gasu ini menjelaskan, di wilayahnya dulu banyak yang bertani belimbing.

Tetapi, kian tahun makin berkurang. “Dulu mah banyak, hampir sekampung, tapi sekarang dikit-dikit pada habis,” kata Suganda.


Sumber : POJOKJABAR.com

0 komentar:

Post a Comment