Banner 1

Monday 12 June 2017

Miris… 306 Bayi di Bogor Cebol


BOGORBogor masih memiliki masalah gizi pada anak. Balita dan bayi pendek (stunting) masih menjadi pekerjaan rumah. Bayi stunting di bawah usia dua tahun, pertumbuhan tubuhnya tidak normal seperti bayi pada umumnya.

Tercatat, dari 920 bayi yang lahir di Kota Bogor, sepertiganya atau 306 bayi mengalami kondisi cebol dan berat badan kurang dari tiga kilogram. Fakta itu didapatkan berdasarkan Studi Kohort oleh Pusat Penelitian Pengembangan (Puslitbang) Gizi, Kementerian Kesehatan.


Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erna Nuraini, mengatakan. Studi Kohort Puslitbang Gizi dilakukan di lima kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Tengah, sebut saja di Kelurahan Kebon Kelapa, Ciwaringin, Babakan, Panaragan dan Babakan Pasar.

“Dari 918 ibu hamil melahirkan 920 bayi, beberapa diantaranya melahirkan kembar. Dari 920 bayi tersebut sepertiganya lahir dalam kondisi ‘stunting’ atau bertumbuh pendek,” jelas Erna.

Kelahiran bayi stunting ini, menurutnya, disebabkan beberapa faktor, salah satunya berasal dari ibunya. Sebab dari 918 ibu hamil tersebut, satu pertiga dari jumlah ibu hamil adalah kelompok beresiko. Yakni, ada yang melahirkan terlalu muda usia kurang dari 20 tahun, atau lebih dari 35 tahun.


Sumber : POJOKJABAR.com

0 komentar:

Post a Comment