Banner 1

Friday 9 June 2017

Dinkes Kota Bogor: Hamil Usia Muda Bahayakan Ibu


BOGOR – Dinas Kesehatan Kota Bogor  meminta kepada orang tua untuk tidak menikahkan anaknya yang masih dini. Sudah banyak kasus bahwa pernikahan dini banyak menimbulkan dampak negatif ketimbang positif.

Data terakhir dinkes, ada15 ibu muda meninggal dunia karena usia yang tidak matang dan penanganan yang kehamilan yang buruk.

Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Erna Nuraena, mengatakan menikah dini sangat meningkatnya risiko keguguran. Apalagi pengguguran kandungan pada kehamilan yang tidak diinginkan.

“Kurangnya perawatan kehamilan karena kurangnya pengetahuan tentang kehamilan. Terlebih, jika kehamilan mereka tidak mendapatkan dukungan dari keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Hal ini bisa sebabkan kurangnya nutrisi yang akhirnya berakibat pada defisiensi zat gizi seperti kurang zat besi (anemia), kalsium, zink,” bebernya.

Selain itu, resiko lainnya, calon ibu besar kemungkinan akan mengalami tekanan darah tinggi. Wanita yang hamil pada masa remaja atau usia yang sangat muda, lebih beresiko mempunyai tekanan darah tinggi dibanding wanita yang hamil pada usia di atas 20-an.

Sumber : POJOKJABAR.com

0 komentar:

Post a Comment