Banner 1

Wednesday 27 February 2019

Truk Tersangkut Kabel di Ciawi, Tiang Listrik Langsung Ambruk

CIAWI-RADAR BOGOR,Tingginya badan truk bermuatan besar yang melintas jalur raya Ciawi-Sukabumi sering menyebabkan tersangkutnya kabel listrik, maupun telepon, hingga tiang penyanggahnya ambruk.

Kepala Dinas Damkar Sektor Ciawi, Nendri membenarkan, bahwa kejadian tersangkutnya kabel pada badan truk dan menyebabkan tiang listrik atau telepon ambruk terhitung sering terjadi.

“Tingginya truk membuat kabel tersangkut. Parahnya, tiang-tiang ambruk itu sampai ke badan jalan, “ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (25/2).

Seperti pada kejadian kedua tiang ambruk milik PLN dan Telkom di Kecamatan Ciawi, kemarin.

Lanjut Nendri, menurut informasi warga, sebuah truk dengan ukuran yang tinggi menyebabkan tiang-tiang penyanggahnya tercabut dari tanah pada ruas jalan raya Ciawi-Sukabumi, Desa Ciawi.

“Kejadian pukul 7.30 WIB. Setelah ditelusuri, benar bahwa kedua tiang yang ambruk murni tercabut karena kabelnya tersangkut truk, “jelasnya.

Nendri mengatakan, pihaknya pun melakukan evakuasi. Betul saja, dikarenakan kedua tiang tersebut ambruk tepat di badan jalan, membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan panjang di kedua arah jalur eksisting.

“Kemacetan panjang selama dua jam. Panjang antrian kendaraan bisa sampai empat kilometer. Kita langsung koordinasikan dengan Satlantas Polres Bogor, “tuturnya

Dalam proses evakuasi, lanjut dia, Damkar juga berkoordinasi dengan PLN dan Telkom untuk memutus aliran listrik yang tersambung. Kata Nendri, inilah yang menjadi kendala, sehingga proses evakuasi dilakukan dengan cukup memakan waktu. “Mau gak mau kita potong dulu kedua sambungan. Kalau tidak tiang itu gak bisa di evakuasi, “ungkapnya.

Berkaitan dengan tiang listrik maupun telepon yang ambruk, Nendri menyebutkan, sejak Januari 2019, tercatat sebanyak dua kali kejadian tiang ambruk akibat tersengol atau kabelnya tersangkut truk besar.

“Tahun 2018, tercatat ad beberapa kejadian tiang ambruk karena truk. Tapi paling banyak pohon dan tiang listrik tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang, “pungkasnya (rp1/c)

 

0 komentar:

Post a Comment