Banner 1

Wednesday 27 February 2019

Kota Bogor Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Maret, Warga Diminta Waspada


BOGOR-RADAR BOGOR,Terjangan hujan deras dan angin kencang diperkirakan akan kembali terjadi di Kota Bogor. Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk tetap waspada, karena cuaca ekstrem bakal terus berlanjut hingga awal Maret.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Bogor, Hadi Saputera memprediksi, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi hingga menutup Februari.
Sebab saat ini wilayah Jawa Barat sedang dilintasi belokan angin yang akhirnya membentuk awan cumulonimbus.

Dinukil dari laman Wikipedia, awan Kumulonimbus adalah sebuah awan vertikal menjulang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya.

“Awan-awan hujan tersebut memang terbentuk pagi sampai siang, tanda-tanda matang setelah terdengar petir, nah itu pasti hujan lebat,” ujar Hadi Saputera kepada Radar Bogor, kemarin (26/2).

Jika dilihat dari hitungan bulan, lanjut Hadi, cuaca ekstrem juga bisa menjadi penanda pergantian musim hujan ke musim kemarau.

Biasanya, puncak hujan diprediksi terjadi Februari. Karena saat memasuki April dan Mei, seharusnya musim telah berganti.

“Jadi kalau sudah mendengar petir, harus lebih waspada. Jangan berteduh di bawah pohon, atau berkendara. Silahkan cari tempat aman seperti gedung,” kata Hadi.

Terkait soal cuaca ekstrem yang sedang menyelimuti Kota Bogor, Wali Kota Bogor, Bima Arya memerintahkan seluruh aparatnya untuk segera melakukan identifikasi daerah rawan bencana di Kota Bogor. (gal/ysp)

0 komentar:

Post a Comment