Banner 1

Wednesday 27 February 2019

12 Desa di Caringin Bogor Masuk Daerah Rawan Longsor

CARINGIN-RADAR BOGOR, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, yang didominasi daerah perbukitan, termasuk daerah yang rawan longsor. Melihat kondsi tersebut, masyarakat setempat diminta meningkatkan kewaspadaannya, terutama di musim hujan seperti sekarang.

Camat Caringin, Rumambi berharap adanya evaluasi kelayakan lahan dari pihak-pihak terkait, perihal mitigasi bencana longsor. Sebab, 80 persen wilayahnya masuk daerah perbukitan.

“12 desa di Kecamatan Caringin ini terdiri dari perbukitan dan rawan terhadap longsor,” katanya kepada Radar Bogor, Senin (25/2). Rumambi menuturkan, pihaknya mengharapkan tim survei kelayakan lahan bisa melakukan pengecekkan.

Sehingga, tim survei juga bisa menetapkan kondisi lahan yang layak ataupun tidak untuk dipergunakan. “Jadi ketika lahan tersebut tidak layak, maka lahan tersebut akan dihentikan penggunaanya,” jelasnya.

Adapun perbukitan yang kondisinya terlihat darurat bencana longsor, Kata Rumambi, letaknya di Desa Pancawati, Tangkil, Cinagara, Pasir Muncang. Dan tidak menutup kemungkinan desa lainnya juga rawan longsor. “Karena sebelumnya beberapa wilayah di anggap aman malah terjadi longsor dan menimbulkan korban jiwa,” bebernya.

Lanjut dia, beberapa waktu lalu di Kampung Wangun Jaya, juga terjadi longsor dan nyaris memakan korban. “Saya ke lokasi dan ternyata menemukan tanah retak di wilayah itu. Saya berharap BPBD mensurvei kembali kelayakan lahan,” pungkasnya.(rp1/c)

 

0 komentar:

Post a Comment