Banner 1

Thursday 27 December 2018

Padat Penduduk, Bogor Selatan dan Barat Dimekarkan Jadi Kecamatan Baru


BOGOR – RADAR BOGOR, Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Barat merupakan dua wilayah di Kota Bogor yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Tak jarang, hal itu membuat pelayanan kepada masyarakat tidak maksimal.
Badan Pusat Statistik (BPS) dalam sensus terakhirnya  2014 mencatat, di Kecamatan Bogor Selatan terdapat 16 kelurahan dengan 194.179 penduduk. Sementara, di Kecamatan Bogor Barat terdapat 228.860 penduduk.
Keduanya sama-sama memiliki 16 kelurahan yang tersebar dari wilayah paling selatan Kelurahan Rancamaya dan wilayah paling barat Kelurahan Margajaya.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Bogor, sempat menggulirkan wacana untuk memekarkan sejumlah  kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Barat.
“Kami melihatnya karena faktor luas wilayah dan kepadatan penduduk. Tujuan utama adalah pelayanan yang prima,” ujar Asisten Pemerintahan Kota Bogor Hanafi kepada Radar Bogor.
Ia memastikan, tim pengkaji rencana pemekaran tersebut sudah menyelesaikan kajian sejak dua tahun lalu. Namun, pada tahun 2017, tak sempat terbahas bersama DPRD Kota Bogor, sehingga harus diundur ke tahun berikutnya.
“Kemarin kami masih menunggu dasar hukumnya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan. Nah sekarang sudah keluar aturan itu, sehingga kami bisa jadikan itu sebagai dasar untuk mengeluarkan Raperda. Harus ada Perda dulu. Nah ini kan urusannya sama dewan,” paparnya.
Saat ini, Pemerintah Kota Bogor masih terus mendorong penerbitan Raperda tersebut melalui Program Legislasi Daerah bersama DPRD Kota Bogor. Meski, ia tak menyebut kapan target rencana tersebut harus diselesaikan.
Namun, lambat atau cepat Raperda tentang pemekaran kecamatan di dua kecamatan itu harus segera terwujud.  Alasan yang pasti, masih kata Hanafi, dua kecamatan tersebut terkenal dengan jumlah wilayahnya yang sangat luas serta populasi penduduk yang semakin padat.
“Dari masing-masing kecamatan kan ada 16 kelurahan. Nanti setengah kelurahan dari kecamatan Bogor Barat diambil, setengah kecamatan dari Bogor Selatan juga diambil. Nah itulah yang akan jadi kecamatan baru. Kita berharap dengan pemekaran kecamatan ini, dampaknya pelayanan masyarakat akan lebih maksimal,” pungkasnya. (rp2/c)

0 komentar:

Post a Comment