Banner 1

Thursday 27 December 2018

Hati-hati! Tiga Jembatan di Kota Bogor Ini Rawan Ambruk


BOGOR–RADAR BOGOR, Masyarakat pengguna jalan diminta hati-hati saat melintasi tiga jembatan di Kota Bogor. Sebab, rawan ambruk lantaran masih menggunakan kontruksi lama. Terlebih, ketiga jembatan tersebut berada di tengah kota.
“Ada tiga jembatan dengan kontruksi lama yakni Jembatan Otista, Jalak Harupat atau Sempur dan Satu Duit,” ujar Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor, Daud Arsandi kepada Radar Bogor.
Karena pembangunan jembatan membutuhkan anggaran yang cukup besar, kata dia, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus berupaya membangun komunikasi dengan Pemerintah Pusat untuk mendapatkan bantuan.
Diantaranya, berupa anggaran serta pekerjaannya. “Kami harap mereka yang langsung mengerjakannya,” terang dia.
Daud mengaku, Dinas PUPR telah menyusun perencanaan terhadap tiga jembatan tersebut sejak 2014. Di tahun 2015, saat perencanaan itu selesai, langsung diusulkan ke Pemerintah Pusat.
Namun, hingga sekarang belum terealisasi. “Mudah-mudahan program tahun 2019 ada bantuan, karena sudah ada perencanaan,” ungkapnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, jembatan dengan kontruksi lama memang memerlukan perhatian dan pemeliharaan berkala. Bahkan, jika dilakukan pengecekan perlu dilakukan survey. Sebab jika terlihat kasat mata aman belum tentu hasilnya sama.
“Kalau memang kondisinya sudah rawan saat ini dan pembangunan belum terealisasi kita bisa usulkan untuk pemeliharaan sambil menunggu pembangunan,” pungkasnya. (gal/c)

0 komentar:

Post a Comment