Banner 1

Saturday 2 July 2016

IPB jadi Rumah Sementara Hewan Ditinggal Mudik


BOGOR-Idul Fitri identik dengan tradisi mudik  berkumpul bersama sanak saudara. Tidak jarang, para penghuni pun meninggalkan rumah tanpa penjaga sama sekali. Permasalahan yang timbul kemudian adalah bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan. Jasa penitipan hewan peliharaan pun menjadi salah satu solusi atas persoalan itu.

Seperti yang ditawarkan Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Institut Pertanian Bogor (IPB). Di hari-hari besar, terutama Idul Fitri, para pengurus rumah tangga pun biasanya libur. 

Oleh karena itu, beberapa klinik hewan termasuk Rumah Sakit Hewan berupaya membantu keluarga-keluarga yang ingin menitipkan hewan kesayangannya selama di rumah tidak ada orang. 

"Kami memiliki pelayanan titip sehat selama pemilik hewan mudik. Lama waktunya 3 minggu, dimulai sejak 27 Juni lalu hingga 11 Juli mendatang. Namun, kebanyakan para pemilik hewan biasanya hanya menitipkan selama 1 minggu," papar Wadir Bidang Administrasi RSHP IPB, Huda S. Darusman.

Lebih lanjut ia mengatakan, kucing dan anjing masih menjadi hewan yang paling banyak dititipkan. Ada 8 ekor kucing berukuran kecil dan 12 ekor anjing. Saat dititipkan, hewan akan mendapat penjagaan sebaik mungkin, diberikan fasilitas mulai dari kandang, mandi, juga grooming atau salon yang dilakukan sebelum dan sesudah dititpkan. 

"Juga disertai pakan sesuai standar dan kebutuhan gizi yang paling optimal. Tarifnya sendiri bervariasi, disesuaikan dengan bobot hewan tersebut," katanya. 

Range harganya, kata Huda, dimulai dari Rp35.000 hingga Rp80.000 per hari. Bagi Anda yang ingin menitipkan hewan peliharaan, jangan khawatir, RSHP IPB masih memiliki daya tampung yang mumpuni. 

0 komentar:

Post a Comment