Banner 1

Thursday 28 July 2016

Hary Tanoesoedibjo Keluhkan Pembebasan Lahan Tol Bocimi

BOGOR – Taipan media Hary Tanoesoedibjo mengeluhkan kendala pembebasan lahan dalam proses pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).
Padahal infrastruktur anyar di selatan Kabupaten Bogor itu sedianya menjadi akses utama menuju taman Theme Park Lido Cigombong. HT -Hary Tanoesoedibjo- membidik ceruk pasar di industri pariwasata Asia melalui wahana permainan kelas dunia ini.

“Untuk pembebasan tanah dilakukan oleh pemerintah. Namun, karena pemerintah belum memiliki dana yang cukup, kami menalanginya dahulu. Anggaran pembebasannya sebesar Rp400 miliar. Itu dilakukan agar pembangunan cepat jalan dan rampung,” ujar HT Selasa (26/07/2016).
Bahkan, bos MNC Group itu menargetkan tahun depan pembangunan tol Bocimi sesi satu akan rampung. Tol Bocimi ini, merupakan akses yang akan digunakan menuju resort bintang enam dan theme park yang direncanakan tersebut.

Tentunya dengan rampungnya tol bocimi sesi satu, akan menjadi keuntungan tersendiri bagi warga Bogor.  Hal itu jika melihat potensi dan data pengujung Disneyland Singapura,  yang mencatatkan warga Indonesia menjadi pengunjung terbanyak.
“Data yang kami peroleh, Indonesia menjadi pengunjung terbanyak. Kedua Malaysia dan ketiga baru warga Singapura sendiri. Ini potensi. Dan theme park sekelas Disneyland akan hadir. Tentunya  Tol bocimi menjadi akses menuju theme park bertaraf internasioanl tersebut,”bebernya.

Saat ini, proses pembebasan lahan  baru rampung 94,7 persen dari luas total sepanjang 15,35 Kilometer. Dengan anggaran pembebasan lahan RP400 miliar dan nilai konstruksi sebesar Rp1,8 triliun.
“ Lahan seluas 2000 Hektare sudah dibebaskan. Ini (theme park, red) tentunya akan menciptakan lapangan kerja. Nantinya ribuan warga Bogor dan Sukabumi akan diperkejakan disana,” lanjutnya.

Untuk diketahui, MNC Group melalui MNC Land berkeinginan membangun theme park di Lido Sukabumi dengan menggunakan teknologi dan standarisasi internasional.
Besarnya kompleks yang mencapai 3.000 hektar. kawasan ini akan dibangun seperti perumahan, hotel, golf center, country club dan vila yang akan menggandeng operator dari Trump Organization.

Selain membahas tentang theme park , HT juga sempat berdiskusi dengan  Group Hazairin Sitepu. Dalam pertemuan itu,  Hazairin berharap HT yang juga Ketua Umum Partai Perindo, bisa membawa partai politik (parpol) nya di jalur yang sakral akan nuansa demokratis
“Kondisi demokrasi  kita saat ini, kan tidak menunjukan demokrasi yang diharapkan,” beber Hazairin saat menerima HTdi ruangannya Selasa (26/07/2016).

Hal lainnya yang menarik perhatian Hazairin juga soal visi Partai Perindo yang fokus terhadap masyarakat menengah kebawah. Menurut dia, partai merupakan cerminan demokrasi masyarakat.
Selain itu, Hazairin juga menyingung keberadaan BUMN. Dimana BUMN yang diharapkan untuk mendukung pertumbuhan negara  justru dirasuki unsur lainnya, seperti politik.

“ Keterlibatan masyarakat juga jadi faktor penting bagi partai apapun. Jangan sampai jika sudah terpilih, maka partainya lupa dengan rakyat. Kedekatan dengan masyarakat itu sangat penting,” ucap ayah dua anak tersebut.
Selain berkunjung, HT juga memberi memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa dari dua kampus yang berbeda. Yakni kampus STIE Bina Niaga dan IPB. Di hadapan mahasiwa  HT menyoroti masih minimnya pengusaha di Indonesia.

Menurut dia, hal itu dapat menjadi hambatan dan berpengaruh negatif terhadap bangsa. Bangkit atau tumbuhnya perekonomian sebuah negara ditentukan oleh adanya nvestasi dan meningkatnya pendapatan di sektor pajak.
Namun situasi saat ini, tidak mudah para pemodal atau pengusaha, baik dari dalam maupun luar negeri dalam berinvestasi.
“Lantas bagaimana meningkatkan pajak negara. Katanya ekonomi kita ditopang oleh pembayar pajak. Tapi pembayar pajak kita saat ini masih belum banyak, dikarenakan entrepreneurnya (pengusaha) masih sedikit,”ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, salah satu manfaat pengusaha dalam mendorong bangkitnya perekonomian adalah dapat membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk masyarakat banyak.
Menurutnya, saat ini jumlah lapangan pekerjaan yang ada belum mampu menampung lonjakan pertumbuhan penduduk Indonesia.

“Kalau kita menjadi pengusaha negara tidak hanya dibantu dengan pembayaran pajak. Kita juga bisa membuka lapangan pekerjaan yang banyak untuk penduduk Indonesia. Hal itu nantinya juga bisa membantu membangun perekonomian negara dan tidak terjadi kesenjangan sosial seperti sekarang ini,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, HT menyerahkan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa IPB dan berjanji memberikan fasilitas penunjang bagi mahasiswa jurusan broadcast.

“Saya pastikan dalam waktu dekat akan bangun studio mini di Kampus IPB ini. Sehingga dapat membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar, mahasiswa komunikasi yang memiliki minat penyiaran,” ungkapnya.
Usai memberikan kuliah umum HT juga menyempatkan diri melantik 68 Dewan Pengurus Ranting (DPRt) Partai Perindo se-Kota Bogor di Rumah Makan Sekar Wangi, Bogor Barat, Kota Bogor.

Selain melantik HT juga menyerahkan secara simbolik 5000 gerobak perwakilan masyarakat Kota Bogor, sebagai bentuk komitmen Partai Perindo dalam mendukung Usaha Menengah Kecil dan Mikro.
Selain dihadiri pimpinan-pimpinan partai politik, dalam kesempatan itu hadir pula Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto yang mendukung penuh program-program partai baru besutan CEO MNC Group ini.
“Dalam sambutan Ketua DPC Perindo Kota Bogor menargetkan 6 kursi di DPRD Kota Bogor. Untuk partai baru, target tersebut sangat luar biasa. Saya sebagai kader PAN, siap berlomba-lomba dalam kebajikan.

Semoga target atau tujuan Partai Perindo di tahun 2019 nanti bisa meraih enam kursi dapat tercapai,” katanya.
Terkait dengan program pemberdayaan UMKM dalam bentuk pemberian gerobak secara gratis, pihaknya mengapresiasi upaya tersebut.

“Di Bogor itu tantangan paling utama dalam kemajuan sebuah kota itu dapat dirasakan langsung masyarakat di tingkat akar rumput. Jadi UMKM potensial di setiap daerah, khususnya di Kota Bogor itu harus di dorong. Karena itu saya merespon positif program-program dari Partai Perindo yang fokus pada pemberdayaan UMKM,” katanya.(ent)

0 komentar:

Post a Comment