Banner 1

Wednesday 29 August 2018

Peringati Pujawali, Ribuan Umat Hindu Padati Pura Gunung Salak


CIAPUS–RADAR BOGOR, Bertempat di Pura Gunung Salak, ribuan umat Hindu dari berbagai penjuru menghadiri Pujawali (ulang tahun Pura), Minggu (26/8/2018).

Parahyangan Agung Jagad Karta, yang merupakan nama Pura di daerah Ciapus Kabupa­ten Bogor ini merupakan pura terbesar kedua setelah Pura Besakih yang berlokasi di Ka­bupaten Karangasem Bali.

Ketua panitia , I Wayan Ma­dik Kesuma menyatakan bah­wa acara Pujawali yang ke-13 ini dipersiapkan sejak sebu­lan sebelumnya, di mana setiap Sab­­tu dan Minggu warga Hindu dari Jabodetabek dan sekitar­nya bergotong royong dengan penuh suka cita membantu persiapan acara tersebut.

“Kami juga mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pembagian sem­ba­ko untuk warga sekitar pura. Ada juga pelatihan kewi­ra­usahaan untuk para rema­ja ge­nerasi muda,” demikian Wayan menambahkan.

Prosesi pujawali sendiri di­mulai dengan kegiatan me­ca­ru atau pem­bersihan area pura, yang dilakukan sehari se­be­lumnya, dilanjutkan per­sem­bahyangan bersama ke­esokan harinya. Tampak se­jak dini hari umat Hindu dari ber­bagai da­erah telah hadir un­tuk meng­ikuti acara per­sembahyangan bersama tersebut, bahkan rom­bongan beberapa kepa­la daerah dari Bali seperti Den­pasar, Gianyar, Klungkung dan Karangasem hadir langsung untuk mengikuti persem­bahyangan bersama, yang di­pimpin oleh pedande dari Priok, Kelapa Dua dan Len­teng Agung.(*/fik/a)

Sumber: Radar Bogor

0 komentar:

Post a Comment