Banner 1

Thursday 23 August 2018

Ketua Baznas Kota Bogor : Kurban Bukan Sekedar Ibadah, Tapi..



BOGOR – RADAR BOGOR, Idul Adha merupakan momen bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah kurban.

Disamping ibadah, ternyata banyak aspek lain yang tak kalah bermanfaat dari berkurban.

Ketua Baznas Kota Bogor, Chotib Malik mengatakan, pihaknya ingin mengingatkan pada masyarakat bahwa berkurban itu bukan hanya perihal ibadah, banyak aspek baik yang menjadi penunjangnya.
“Jadi selama ini anggapan sebagian umat Islam, kurban itu hanya terkait dengan ibadah atau surat Al Kautsar saja, dan pengorbanan Nabi Ibrahim,” tuturnya.

Padahal, kata dia, banyak terdapat aspek lain seperti ekonomi. Dengan berkurban bisa meningkatkan ekonomi mikro peternak atau pedagang hewan kurban.

“Kambing pun memiliki berbagai manfaat pada kulitnya, dagingnya, bahkan kotorannya, kan itu semua termasuk pada peningkatan ekonomi,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, terdapat pula aspek sosial, karena sebagai sesama manusia, kerap harus saling memberi dan membantu. Dan dengan kurban itu bisa membantu terutama untuk orang – orang yang membutuhkan.

“Jadi saya ingin masyarakat berkurban itu bukan hanya untuk ibadah, tapi ada faktor lain seperti sosial, ekonomi, bahkan budaya juga sangat bagus karena dapat saling membantu sesama,” jelasnya.

Ini perlu ada peningkatan kesadaran, kata dia, lalu perlu ada juga sistem tatalaksana yang profesional.
“Agar masyarakat yang berkurban dapat bertambah setiap tahunnya. Juga pemerintah pun harus turut berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkurban,” tandasnya. (cr4)

Sumber : RADAR BOGOR

0 komentar:

Post a Comment