Banner 1

Tuesday 13 December 2016

Iyuwh… Kawasan Wisata Cibodas Kumuh

Kawasan wisata Cibodas 

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Wisatawan banyak mengeluhkan kumuhnya areal wisata Cibodas. Seperti terlihat sampah tercecer dan fasilitas banyak yang dicorat-coret.

Heru (53) asal Bekasi yang sengaja berlibur bersama keluarga mengaku seharusnya kawasan Cibodas yang sudah bertahun-tahun menjadi kawasan wisata harus lebih tertib dan tertata. Kenyataanya, saat ini kondisinya semakin kumuh.

“Sampah terlihat berserakan dimana saja, tempat pembuangan sampah pun minim. Masa kawasan wisata seperti ini,” jelasnya.

Padahal, biaya masuk pun ke Cibodas ada beberapa kali mulai dari pintu gerbang utama, hingga akhirnya tarif parkir.

“Amat disayangkan ini tidak diimbangi dengan fasilitas publik yang nyaman,” 
tuturnya.

Menurut dia, sudah beberapa kali ke Cibodas banyaknya warung dadakan yang tidak dikelola, dan penempatannya pun menganggu kenyamanan dan keindahan.

  “Di sini kita disuguhi dengan pemandangan alam, amat sayang jika tak diimbangi dengan kondisi lingkungan yang tak tertata,” tambah Wiwiek (34) wisatawan asal Tangerang.

Seharusnya, seperti di kawasan wisata Bali sejumlah pedagang begitu rapi dan tertata. Bahkan karena kesadaran tinggi sampah pun tak dibuang sembarangan.

“Penyediaan tempat pembuangan sampah itu sangat penting, agar baik warga atau wisatawan tak membuang sampah sembarangan,” bebernya.

Seharusnya pengelola berupaya meningkatkan kenyamanan, keamanan dan fasilitas publik agar pengunjung bisa nyaman dan betah.

“Bila pengunjung merasa nyaman, mereka kan akan lebih sering datang dan otomatis Cibodas juga bisa lebih maju,” tukasnya.

sumber : pojokjabar.com


0 komentar:

Post a Comment