Banner 1

Wednesday 17 February 2016

Hiroshima Jepang Bantu 50 Juta Yen untuk Bogor



BOGOR – Provinsi Hiroshima, Jepang, dan Japan International Cooperation Agency (JICA) berkomitmen memberikan bantuan senilai 50 juta yen atau sekitar Rp5,8 miliar kepada Pemkot Bogor.

Hal ini disampaikan Walikota Bogor, Bima Arya, d isela-sela pertemuan dengan Gubernur Perfektur Hiroshima, Hedehiko Yuzaki, Senin (15/02/2016) siang.

“Bantuan tersebut untuk melakukan upaya perbaikan kapasitas pengelolaan sampah dan kebersihan di Kota Bogor,” ujar Bima dalam rilis yang diterima redaksi Senin (15/02/2016).

Bantuan ini, nantinya akan digunakan untuk menyusun masterplan sampah dan kebersihan, peningkatan kapasitas aparat kebersihan, serta pemberdayaan warga dan komunitas.

“Bahkan pada tahap berikutnya, akan diberangkatkan perwakilan komunitas dari Kota Bogor untuk dilatih dalam hal pengelolaan sampah dan kebersihan di Hiroshima,” paparnya.

Bima hadir ke Hiroshima dalam kaitan lingkungan hidup, kerja sama antar kedua kota, Bogor dan Hiroshima untuk pelestarian lingkungan hidup.

Bima menyebut, banyak hal positif terkait pengelolaan kebersihan dan lingkungan yang bisa dipelajari dari Hiroshima.

Keberangkatan Bima sendiri merupakan jawaban atas undangan Pemerintah Provinsi Perfektur Hiroshima, beberapa waktu yang lalu.

“Semua tiket dan akomodasi walikota Bogor selama berada di Hiroshima semua menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Hiroshima,” ujar Kabag Humas Setdakot Bogor, Encep Moh Ali Alhamidi.

Menurut rencana, kata Encep, Bima akan kembali ke Bogor besok Rabu (17/2/2016). Sebelumnya, pada November tahun lalu, lanjut Encep, Project Team Director Pemerintah Kota Hiroshima, Takashi Inoue telah bertemu dengan Bima di Balaikota, dalam kaitan rencana kerja sama kedua kota. (ent)


0 komentar:

Post a Comment