Banner 1

Wednesday 24 February 2016

Baju Khas Sunda Perkaya Cap Go Meh 2016 di Bogor




BOGOR -– Perayaan Cap Go Meh (CHM) tak melulu bernuansa Cina. Itulah yang akan dihadirkan dalam perayaan CGM di Bogor yang akan menghadirkan beragam budaya Indonesia. Tim Kerja Pesta Rakyat CGM 2016 Kota Bogor akan membuat acara yang menjadi milik seluruh elemen masyarakyat tanpa terkecuali. “Pesta rakyat CGM 2016 turut dimeriahkan tim kesenian dan prosesi kebudayaan dari daerah-daerah di Indonesia,” kata Ketua Pelaksana Tim Kerja Pesta Rakyat CGM 2016 Arifin Himawan, Ahad (21/2). 

Ia menambahkan, pada pelaksanaan CGM, tim kerja pria termasuk juga akan mengenakan baju khas daerah Sunda. Arifin mengatakan, pakaian yang juga disebut baju kampret itu dinilai akan memperkaya keberagaman. “Ini sebagai pertanda bahwa masyarakat Bogor yang beragam dapat hidup berdampingan dan selaras yang selalu menghargai pluralisme,” tutur Arifin.

Sesuai dengan visi dan misi, Arifin mengatakan, sebagai ajang pemersatu bangsa maka pesta rakyat CGM kali ini tak hanya tim ritual yang ikut heularan. Arifin menyatakan, acara tersebut melibatkan berbagai komunitas seni dan kebudayaan. “Kurang lebih 15 tim kesenian sehingga keseluruhan peserta kirab mencapai sekitar 10 ribu personil,” ungkap Arifin. 

Ia mengungkapkan, tim ritual terdiri dari 18 joli tuan rumah dan tamu luar kota, Liong Barong ada 25 tim, serta parade mobil hias shio berjumlah 12 mobil. Pesta Rakyat CGM 2016 akan digelar di Kawasan Suryakancana dengan beberapa titik berbeda pada Senin (22/2). Acara tersebut akan dimulai pada pukul 14.30 WIB hingga perayaan selesai. (ent)

0 komentar:

Post a Comment