Banner 1

Tuesday 30 July 2019

Tarik Wisatawan, Tamansari Kembangkan Eduwisata


TAMANSARI-RADAR BOGOR, Penataan desa wisata oleh Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Tamansari terus dilakukan.
Selain menjadi daya tarik wisatawan yang datang sehingga berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat juga meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bogor.
Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tamansari, Sobar Mansoer menjelaskan, ada tiga desa yang menjadi desa wisata di Kecamatan Tamansari.
Saat ini Desa Pasir Eurih yang telah berjalan sedangkan Desa Sukajadi dan Desa Tamansari dalam pengembangan.
Nantinya tidak sekedar menyuguhkan desa wisata saja, Pemcam bakal tengah merancang untuk menghubungkan ketiga desa itu menjadi bagian eduwisata bagi wisatawan.
“Masing-masing desa memiliki potensi wisata yang berbeda, kita akan hubungkan ketiganya seperti paket wisata,” ujar mantan Kepala Subbagian (Kasubbag) Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kepada Radar Bogor, kemarin.
Semisal di Desa Sukajadi terkenal dengan kekayaan alamnya seperti pertanian nanti wisatawan diajak belajar cara bertani, sedangkan Pasir Eurih selain ada kegiatan kebudayaan seperti tari-tarian bakal memformulasikan kegiatan sepatu sandal untuk dijadikan eduwisata.
“Tamansari sendiri terkenal dengan tanaman hias. Itukan cirikhasnya,” ujarnya. Dengan begitu, selain mengenalkan Tamansari sebagai wilayah yang banyak tempat objek wisata juga bisa menghidupkan desa-desa wistanya.
Sobar menambahkan, Setu Tamansari saat ini dalam penataan untuk dijadikan potensi wisata baru nantinya. “Kita sedang minta Mushola, jika geopark lain minta MCK, kita minta mushola karena mCK sudah ada,” tukasnya.
Sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Tamansari terus mendorong agar pemerintah dapat merealisasikan pelebaran jalan. Hal itu perlu dilakukan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan utama di Tamansari ketika akhir pekan dan momen libur panjang. (ded)

0 komentar:

Post a Comment