Banner 1

Tuesday 30 July 2019

Antisipasi Bencana, Warga Desa Batu Layang Dapat Pembekalan


CISARUA-RADAR BOGOR, Komando Rayon Militer (Koramil) 2124/Cisarua-Megamendung memberikan pembekalan kepada masyarakat Desa Batu Layang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, berkaitan dengan antisipasi kedaruratan bencana. Pembekalan yang dilakukan sekaligus melakukan pembentukan Desa Tangguh Bencana.
Danramil 2124/Cisarua-Megamendung, Mayor Aris mengatakan, puluhan peserta yang berasal dari dua dusun di Desa Batu Layang, telah mengikuti pembekalan Desa Tangguh Bencana.
“Ada sekitar 20 perwakilan masyarakat yang dibekali dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari dua dusun di desa Batu Layang. Pembekalan ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut,” katanya.
Aris menyebutkan, pembekalan yang diberikan meliputi pemahaman manajemen bencana, pemetaan partisipartif, penyelamatan atau pertolongan dan evakuasi, P3K, rencana pembuatan dokumen dan simulasi penanganan bencana.
Ia berharap, pembekalan tersebut bisa menjadi pedoman bagi peserta dalam menangani kemungkinan terjadinya suatu bencana. Lanjut dia, peningkatan dan pemeliharaan Siskamling di wilayah masing-masing juga perlu digalakkan.
“Sehingga, saat terjadi bencana langsung dapat diketahui secara cepat dan kemudian ditanggulangi secara tepat untuk menghindari korban jiwa maupun kerugian materil,” ujarnya.
Berkaitan dengan kerawanan bencana, Aris menyebutkan, untuk kawasan Puncak Bogor memiliki tingkat rawan terhadap pergerakan tanah. Pihaknya juga akan sesegera mungkin melakukan pembentukan Desa Tangguh Bencana, khususnya di luas wilayah Cisarua.(drk/c)

0 komentar:

Post a Comment