Banner 1

Saturday 15 August 2015

Bogor Urutan Ke-7 Kota Cerdas se-Indonesia




BOGOR Penilain  kota cerdas tahun 2015 yang dihelat Perusahaan Gas Negara (PGN) di Grand Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta mencapai puncaknya Kamis (13/8). Kota Bogor, yang telah masuk kriteria penilaian sebelumnya, diumumkan berada di peringkat tujuh nasional untuk kategori kota sedang se-Indonesia.

Untuk kota sedang, anugerah kota cerdas peringkat pertama diraih kota Yogyakarta. Sedangkan untuk kota besar, anugerah tersebut diraih kota Surabaya dan kota kecil diraih oleh kota Magelang.

Menurut Ketua Lembaga Inovas dan Kewirausahaan ITB, Suhono Harso Supangkat, yang menjadi salah satu anggota tim penilai, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penyusunan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 meliputi aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Pada tahap awal, data sekunder dari 93 kota otonom yang meliputi aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan enabler dari BPS dan juga ditambah data dari pemerintah kota diolah, katanya.

 Hasilnya, sambung Suhono, muncul 15 kota nominee yang terbagi dalam tiga kelompok yaitu 5 kota untuk kategori kota berpenduduk sampai dengan 200 ribu jiwa, 5 kota dengan penduduk di atas 200 ribu sampai dengan 1 juta jiwa, dan 5 kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa.  Walikota Bogor, Bima Arya yang turut hadir, menyampaikan hasil ini adalah sebuah pencapaian sekaligus evaluasi bersama terkait implementasi smart city di Kota Bogor selama ini. Dalam hal penerapan teknologi untuk mempermudah semua layanan publik, kita insyaAllah telah berada pada jalur yang tepat.



Tadi pun, dari tim juri menyampaikan dalam konteks ini, kita berada di peringkat dua. Tetapi, masih banyak yang harus kita perbaiki terutama dalam hal kemudahan masyarakat dan juga tingkat responsif OPD. Jadi hasil ini, harus mendorong semua pihak untuk melakukan akselerasi, tandasnya. (ind/*)

0 komentar:

Post a Comment