Banner 1

Thursday 26 September 2019

Lalin Makin Semrawut, Pembangunan Terminal Ciawi Mendesak


CIAWI-RADAR BOGOR, Kondisi lalulintas di Simpang Ciawi semrawut. Bus dan angkutan umum berhenti sembarangan. Akibatnya arus lalulintas tersendat baik yang menuju tol ataupun Kawasan Puncak.
Kondisi ini diperparah dengan keberadaan pedagang kaki lima (PKL). Meski demikian, pembangunan terminal Ciawi sebagai salah satu upaya untuk melakukan penataan juga hingga kini belum terealisasi.
“Iya, dari dulu hanya rencana-rencana. Sampai beberapa kali ganti Camat juga belum ada. Padahal sudah parah ini Simpang Ciawi. Benar-benar butuh terminal agar angkutan umum dan bus tertata. Tidak ngetem di jalananan,” ujar tokoh pemuda Desa Ciawi, Saeful Hidayat kepada Radar Bogor, Selasa (24/9/2019).
Iapun berharap pemerintah Kabupaten Bogor serius dalam menata kabupaten Bogor. Terlebih kawasan Ciawi yang menjadi gerbang etalase kawasan puncak. “Ini jadi pekerjaan rumah Pemkab Bogor. Apalagi wakil bupati Bogor sekarang orang Puncak. Gimana bisa menata Kabupaten Bogor, Ciawi saja masih semerawut begini,” ucapnya.
Sementara itu data yang dihimpun Radar Bogor, wacana terminal Ciawi sudah mencuat sejak tahun 2011. Memasuki tahun 2012, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor sudah melakukan studi kelayakan atau Feasibiliry Study (FS). Bahkan sudah memberikan alternatif lokasi terminal Ciawi. Namun, hingga saat ini belum ada kelanjutannya.
“Sudah tujuh tahun lalu kita buat FS. Ada enam alternatif untuk Terminal Ciawi dalam FS yang kita lakukan,” ujar Kasi Prasarana pada Dishub kabupaten Bogor, Firman Hendriawan kepada Radar Bogor, kemarin (24/9).
Sementara itu, Kabid Moda Trasportasi Dishub Kabupaten Bogor, Dudi Rukmayadi menuturkan, keberadan terminal Ciawi memang sudah sangat mendesak. Namun dirinya mengaku saat ini pembangunan Terminal Ciawi belum bisa terlakasana. Hal itu tidak terlepas dari kondisi trasportasi yang ada di Ciawi saat ini.
“Kondisi saat ini ada AKAP, AKDP juga Angkutan Kota. Sehingga untuk pembangunan terminal Ciawi harus melibatkan pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan, juga pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dishub Jawa Barat,” paparnya.
Meski demikian, saat ini Dishub Kabupaten Bogor terus mendorong pembangunan termial Ciawi. Bahkan saat ini Dishub tengah melakukan kordinasi dengan Kemenhub juga Dishub Jawa Barat. “kita sedang lakukan itu,”tukasnya. (all/c)

0 komentar:

Post a Comment